April 05, 2011

Kempo, Nama dari Beberapa Aliran Bela Diri

Kempo adalah nama generik untuk beberapa aliran Seni bela diri yang berasal dari Jepang dan banyak menggunakan permainan tangan. Jadi bukan nama satu aliran saja melainkan nama dari banyak aliran dan metode. Arti dari Kempo sendiri adalah beladiri dengan permainan tangan (didalam bahasa Mandarin disebut Quanfa).

Adapun beberapa aliran Kempo yang terkenal di Jepang dan negara-negara Barat adalah:
  • Tenshin Koryu Kempo, seni beladiri yang sudah berusia ratusan tahun sejak sebelum zaman Tokugawa (Era Meiji). Guru besar terakhir dari aliran ini adalah Ueno Takashi. Beladiri Tenshin Koryu Kempo ini berasal dari kombinasi antara Jujutsu aliran Shinto Tenshin-ryu, teknik persenjataan dan tangan kosong Asayama Ichiden-ryu dan Shinto Muso-ryu dengan jurus Daken Taijutsu aliran Hontai Kijin Chosui-ryu Kukishinden Daken Taijutsu. Salah satu pewaris dari aliran ini adalah grandmaster Shoto Tanemura dari Genbukan Dojo
  • Nihon Kempo, seni beladiri modern hasil ciptaan Master Masaru Sawayama. Beladiri yang unik dan merupakan kombinasi teknik pukul-tendang dari Karate dengan teknik bantingan dan pergumulan dari Judo dan Jujutsu. Sekarang sudah menjadi sebuah olahraga yang diminati di berbagai negara.
  • Kosho-ryu Kempo, seni beladiri turun temurun dari keluarga Mitose. Grandmaster terakhir dari aliran ini adalah Masayoshi Mitose yang kemudian menurunkan ilmunya kepada murid-muridnya yang berkebangsaan Amerika. Sehingga aliran Kempo ini dikenal dengan nama American Kenpo Karate.
  • Shorinji Kempo, seni beladiri berasal dari gabungan Indo Kempo (Ilmu Bela diri dari India) dan ilmu ketabiban Tiongkok kuno yang diciptakan oleh Bodhidharma/ Dharma Taishi/ Tatmo Cowsu seorang biksu Buddha untuk diberikan kepada calon bikhsu sebagai pendidikan keagamaan pada Zen Budhisme, pada tahun 550 M, disebarkan sesudah perang dunia ke 2 oleh So Doshin.
Tehnik
Bela diri Kempo merupakan beladiri yang menggunakan teknik lunak (JUHO) maupun teknik keras (GOHO). Keduanya bisa dilakukan secara bersamaan. Teknik lunak atau JUHO merupakan teknik yang menggunakan elakan saja, menekukkan bagian-bagian badan lawan, atau mengunci lawan. Apabila terpaksa maka dilakukan teknik GOHO yang berupa tendangan, pukulan, sikutan, dan sebagainya. Setiap kenshi diharuskan menguasai teknik GOHO maupun JUHO dan tidak dibenarkan apabila haya mementingkan pukulan dan tendangan saja, dan melupakan bantingan dan lipatan-lipatan

Dengan menggabungkan dua teknik utama, Goho (memukul, menendang dan menangkis) dan Juho (teknik lunak seperti kuncian), setiap murid Kempo memiliki kelebihan masing-masing. Bagi sebagian murid kempo yang lebih menguasai Teknik Goho mereka mengajar mengajarkan teknik di beberapa negara. Di Muangthai berkembang menjadi Thai Boxing dan di Okinawa melahirkan seni beladiri Okinawate yang kemudian dikenal dengan nama Karate. Sementara yang menguasai Teknik Juho melahirkan lagi beladiri lain seperti Ju Jitsu, Aikido dan Judo. Kesimpulannya, bahwa seorang kenshi (murid) kempo memiliki semua kemampuan dari beladiri diatas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar